Senin, 14 Agustus 2017

Cara Mengajarkan anak untuk menabung


​Untuk mengajarkan anak agar bisa menabung secara rutin gampang- gampang susah. Ada anak yang langsung bisa melakukan tapi ada juga yang memerlukan pengawasan khusus sehingga mereka bisa melakukannya dengan kesadaran sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengajarkan anak menabung, di antaranya:
1.      Mengenalkan konsep uang secara bertahap
Mengenalkan uang pada anak bisa dimulai ketika mereka belajar berhitung. Kita bisa memberitahukan fungsi uang terlebih dahulu dengan kalimat-kalimat yang sederhana. Selanjutnya kita bisa mengajarkan tentang bentuk-bentuk uang, nilai setiap uang dan juga warna-warna atau gambarnya.  Selanjutnya bisa kita ajarkan perhitungan secara sederhana dengan media uang tersebut.

2.    Memberikan Pemahaman tentang Kebutuhan, Keinginan, dan Harapan

Ada baiknya sejak dini anak kita diberikan pemahaman tentang arti kebutuhan, keinginan dan harapan agar mereka bisa lebih bijak dan paham bagaimana dan untuk apa uang mereka seharusnya dipergunakan. Apabila mereka bisa paham dengan ketiga pengertian di atas, maka mereka akan bisa menentukan prioritas ketika mengeluarkan dan menggunakan uang.

3.  Mengenalkan Perbedaan antara Menabung dan Belanja

Kita perlu mengenalkan perbedaan antara menabung dan berbelanja pada anak agar mereka tahu konsekwensi dari keduanya. Apabila anak sudah mengetahui tentang keuntungan dan manfaat yang akan didapatkannya dengan menabung dan bagaimana uangnya akan segera habis setelah dibelanjakan semuanya harapannya akan membuat anak memiliki pertimbangan untuk menyimpan atau menabung seluruh uangnya sekaligus.

Sumber: Cara Mengajarkan anak untuk menabung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Umum