Senin, 09 September 2019

Situs Budaya Lewu Hante Perlu Perawatan

Situs Budaya Lewu Hante Perlu Perawatan

 

 Situs Budaya Lewu Hante yang juga biasa disebut dengan Museum Lewu Hante di Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, memerlukan perawatan yang lebih intensif. Beberapa bagian dari situs tersebut sudah mulai usang dan harus diperbaiki. Di Lewu Hante berdiri dua betang atau rumah panggung khas Dayak.

Sejumlah bagian di kedua rumah itu, Jumat (25/1/2013), dihiasi lumut. Tangga-tangga menuju pintu rumah pun mulai lapuk. Di ruang salah satu rumah yang dijadikan museum, terlihat berbagai koleksi bersejarah namun sudah kusam atau dihinggapi karat. Koleksi itu seperti senjata tajam, guci, pistol kuno, dan tombak khas Dayak.

Di luar rumah, beberapa rumput liar tumbuh. Botol-botol dan sampah lain menumpuk di pinggir situs. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barito Timur Darius Adrian mengatakan, Situs Budaya Lewu Hante yang dilengkapi bangunan pertunjukan itu memang memerlukan pembenahan. Banyak bagian atap rumah yang bocor. Selain itu, tak sedikit tempat kunci pintu sudah rusak.

Artikel ini telah tayang di 
Kompas.com dengan judul "Situs Budaya Lewu Hante Perlu Perawatan ", 

https://sains.kompas.com/read/2013/01/25/11133670/situs.budaya.lewu.hante.perlu.perawatan..
Penulis : Dwi Bayu Radius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Umum