Selasa, 31 Juli 2018

Imunisasi Lengkap untuk Bayi

Imunisasi Lengkap untuk Bayi


Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menggalakkan program imunisasi bagi semua bayi yang ada di Indonesia. Hal itu dilakukan untuk melindungi semua anak dari kemungkinan tertular penyakit-penyakit yang berbahaya. Imunisasi dilakukan dengan cara menyuntikkan bentuk lemah dari virus atau bakteri penyakit, sehingga memicu respon kekebalan tubuh anak, menyebabkan tubuh memproduksi antibodi untuk melawan penyakit tersebut. Suatu saat, jika anak terserang penyakit tersebut, maka anak sudah mempunyai pasukan antibodi yang mampu melawan penyakit tersebut.  Inilah bagaimana imunisasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak.
Imunisasi wajib dilakukan karena:
•    Imunisasi bisa dilakukan dengan cepat, aman, dan sangat efektif.
•    Hanya perlu dilakukan imunisasi sekali untuk melindungi tubuh anak sehingga bisa lebih kebal terhadap penyakit berbahaya
•    Jika anak tidak diimunisasi, anak akan mempunyai risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit yang dapat menyebabkan kecacatan, bahkan kematian.

Salah satu hal yang membuat orang tua takut untuk mengimunisasi anaknya adalah dampak jangka pendek yang timbul yaitu badan anak akan mengalami demam meskipun hanya dalam waktu singkat. Namun itu adalah hal yang wajar karena sebagai tanda bahwa serum yang dimasukkan ke dalam tubuh mulai bekerja dan tubuh anak sedang mencoba memproduksi antibodi.

Di Indonesia ada 5 jenis imunisasi wajib untuk bayi, dan ini diberikan secara gratis di Posyandu atau puskesmas terdekat.  Selain itu, pemerintah juga menyarankan beberapa imunisasi tambahan namun untuk pembiayaan tidak ditanggung oleh pemerintah
Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di sini:

Daftar Imunisasi Untuk Bayi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Umum